Hukum Amalan Haji dan Umrah Menurut Empat Imam Madzhab
Oleh: Aep Saepulloh, S.Ag.,Dipl
Oleh: Aep Saepulloh, S.Ag.,Dipl
No | Jenis Amalan | Hukum Melaksanakannya Menurut | |||
Malikiyyah | Han afiyyah | Syafi'iyyah | Hanbaliyyah | ||
1 | Haji | Wajib segera | Fardhu segera | Wajib tarakhiyan | Wajib segera |
2 | Umrah | Sunnah Muakkadah | Sunnah Muakkadah | Wajib tarakhiyyan | Wajib segera |
3 | Mandi Ihram | Sunnah | Sunnah | Sunnah | Sunnah |
4 | Memakai wangi-wangian ketika hendak ihram | Makruh | Sunnah | Sunnah | Sunnah |
5 | Ihram haji beserta niatnya | Rukun | Syarat | Rukun | Rukun |
6 | Ihram umrah beserta niatnya | Rukun | Syarat | Rukun | Rukun |
7 | Mengiringi ihram dengan bacaan talbiyyah | Sunnah dan qila wajib | Sunnah dan qila wajib | Sunnah | Sunnah |
8 | Ihram dari miqat | Wajib | Wajib | Wajib | Wajib |
9 | Bacaan talbiyyah | Wajib | Sunnah dan qila wajib | Sunnah | Sunnah |
10 | Thawaf Qudum | Wajib | Sunnah | Sunnah | Sunnah |
11 | Niyyat thawaf | Wajib dan qila syarat | Syarat | Syarat | Syarat |
12 | Memulai thawaf dari Hajar Aswad | Wajib | Wajib | Syarat | Syarat |
13 | Berjalan kaki ketika thawaf bagi yang mampu | Wajib | Wajib | Sunnah | Syarat |
14 | Suci dari dua hadats (besar dan kecil) ketika thawaf | Syarat | Wajib | Syarat | Syarat |
15 | Thawaf dibelakang al-hatim | Syarat | Wajib | Syarat | Syarat |
16 | Thawaf di dalam Masjidil Haram | Syarat | Syarat | Syarat | Syarat |
17 | Thawaf tujuh putaran | Syarat | Wajib | Syarat | Syarat |
18 | Almuwalah di antara putaran- putaran thawaf | Wajib dan qila syarat | Sunnah | Sunnah | Syarat |
19 | Shalat sunnah dua rakaat setelah thawaf di Maqam Ibrahim | Sunnah dan qila wajib | Wajib | Wajib | Sunnah |
20 | Sa'i antara Shafa dan Marwah | Rukun | Wajib | Rukun | Rukun |
21 | Thawaf untuk umrah | Rukun | Rukun | Rukun | Rukun |
22 | Keharusan melakukan Sa'i setelah thawaf | Wajib dan qila syarat | Wajib dan qila syarat | Syarat | Syarat |
23 | Niyat untuk melakukan Sa'i | Syarat | Wajib | Syarat | Syarat |
24 | Memulai Sa'i dari Shafa dan mengakhirinya di Marwah | Syarat | Wajib | Syarat | Syarat |
25 | Berjalan kaki ketika Sa'i bagi yang mampu | Syarat | Wajib | Sunnah | Syarat |
26 | Sa'i tujuh balikan | Syarat 1 | Wajib | Syarat | Syarat |
27 | Al-muwalah di tujuh balikan | Syarat | Sunnah | Sunnah | Syarat |
| ketika Sa'i | | | | |
28 | Al-muwalah antara melakukan Sa'i dan tahwaf | Wajib dan qila sunnah | Sunnah | Sunnah | Sunnah |
29 | Al-halq (gundul) atau taqshir (cukur pendek) ketika umrah | Wajib | Wajib | Wajib | Wajib |
30 | Mabit (menginap) di Mina (tanggal 8 Dzulhijjah) malam Arafah | Sunnah | Sunnah | Sunnah | Sunnah |
31 | Wukuf di Padang Arafah | Rukun | Rukun | Rukun | Rukun |
32 | Waktu melaksanakan wukuf | Setelah matahari tergelincir (setelah Dhuhur) sampai terbitnya fajar tanggal 10 Dzulhijjah | Setelah matahari tergelincir (setelah Dhuhur) sampai terbitnya fajar tanggal 10 Dzulhijjah | Setelah matahari tergelincir (setelah Dhuhur) sampai terbitnya fajar tanggal 10 Dzulhijjah | Dimulai dari terbitnya fajar tanggal 9 Dzulhijjah (Hari Arafah) sampai terbitnya fajar tanggal 10 Dzulhijjah |
33 | Wukuf sampai setelah matahari terbenam jika wukufnya siang hari | Rukun | Wajib | Wajib dan qila sunnah | Wajib |
34 | Menjama' antara shalat Maghrib dengan Isya di Muzdalifah | Sunnah | Wajib | Sunnah | Sunnah |
35 | Mabit (menginap)di Muzdalifah | Wajib dan cukup dengan singgah sebentar menurut ukuran waktu sebuah perjalanan, shalat Maghrib dan Isya dan memakan sedikit makanan dan minuman | Wajib dan cukup dengan berhenti sejenak sampai terbit fajar | Wajib dan cukup dengan berhenti sejenak setelah tengah malam | Wajib |
36 | Berhenti di Masyaril Haram mulai dari terbit fajar sampai terbit matahari | Sunnah | Wajib | Wajib dan qila sunnah | Wajib dan qila sunnah |
37 | Melempar Jumrah Kubra (Aqabah) | Wajib | Wajib | Wajib | Wajib |
38 | Al-halq (gundul) atau taqshir | Wajib | Wajib | Rukun | Wajib |
| (cukur pendek) dalam haji | | | | |
39 | Melakukan secaara tertib berurutan antara melempar Jumrah Aqabah, menyembelih kurban dan al-halq atau taqshir | Sunnah | Wajib | Sunnah | Sunnah |
40 | Mencukur rambut harus di tanah haram pada tanggal 10 Dzulhijjah | Sunnah | Wajib | Sunnah | Sunnah |
41 | Thawaf Ifadah | Rukun | Rukun | Rukun | Rukun |
42 | Thawaf Ifadah dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah (hari raya 'idul adha) | Wajib | Wajib | Sunnah | Sunnah |
43 | Melempar tiga jumrah (Ula, Wustha dan Aqabah) pda hari Tasyriq | Wajib | Wajib | Wajib | Wajib |
44 | Tidak mengakhirkan melempar jumrah sampai malam | Wajib | Sunnah | Sunnah | Sunnah |
45 | Mabit (menginap) di Mina pada malam hari Tasyriq | Wajib | Sunnah | Wajib | Wajib |
Lisensi Dokumen Copyright Aep Saepulloh, www.indonesianschool.org Seluruh dokumen di www.indonesianschool.org dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari penulis, indonesianschool.org. |
Keterangan Istilah-Istilah
1. Wajib tarakhiyyan maksudnya bahwa kewajiban untuk melaksanakannya tidak segera tapi boleh diakhirkan. Karena itu, bagi yang menganggap bahwa haji itu wajib tarakhiy (Syafi'iyyah), maka apabila seseorang sudah mampu untuk berhaji kemudian dia meninggal sebelum melaksanakan haji, maka dia tidak berdosa karena haji itu kewajibannya tarakhiy, boleh diakhirkan kapan saja pelaksanaannya. Sedangkan bagi yang berpendapat bahwa haji itu wajib segera (fauran)—sebagaimana yang dipegang Hanafiyyah--, maka dia berdosa ('ashiyyan) karena telah menunda-nunda sesuatu yang wajib dilaksanakan dengan segera.
2. Qila Maksudnya ada pendapat lain namun pendapat tersebut lemah. Umumnya, qila ini tidak diketehui siapa yang berpendapatnya dan karena itulah dipandang sebagai pendapat yang lemah.
3. Fardhu istilah ini menurut jumhur ulama sama dengan istilah wajib. Namun, ulama Hanafiyyah membedakannya dengan wajib. Bagi mereka, fardhu adalah suatu persoalan yang hukumnya berdasarkan nash yang qath'i baik berupa ayat al-Qur'an maupun Sunnah alMutawatirah. Sedangkan wajib, adalah persoalan yang berdasarkan nash yang dhanny. Oleh karena itu, shalat yang lima waktu bagi Hanafiyyah bukan wajib tapi fardhu. Sedangkan bagi jumhur ulama boleh wajib boleh juga fardhu.
4. Al-Hatim adalah bangunan atau tembok pendek yang melingkar setegah lingkaran yang berada di Hijr Ismail.
5. Al-Muwalah maksudnya adalah berurutan dan tidak dipisah oleh waktu yang lama. Jadi kalau dikatakan al-muwalah antara tujuh putaran thawaf maksudnya adalah bahwa thawaf
yang tujuh putaran itu harus dilakukan berturut-turut dan tidak boleh diselang oleh waktu yang lama. Demikian juga dengan al-muwalah antara Sa'i dan Thawaf maksudnya adalah bahwa setelah melaksanakan Thawaf itu harus langsung segera melaksanakan Sa'i dan tidak boleh diselang oleh waktu yang lama di antara keduanya misalnya tidur dulu atau jalan-jalan dulu. Wallahu 'alam.
Depan Makam Imam Syafi'i (Masjid Imam Syafi'i), 18 Januari 2005 jam 4.00 sore
Untuk Download Tulisan ini klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar