Minggu, 20 Desember 2009

MT Activities Report

Pada hari Senin tanggal 16 Nopember 2009 s.d. 19 Nopember 2009 bertempat di SMP N 1 Rajagaluh Kab. Majalengka dilaksanakan pelatihan ICT untuk MGMP Daerah Terpencil. Adapun peserta berasal dari MGMP yang nantinya akan menjadi Master Teacher dimana master teacher yang akan melatih Partisipant Teacher.
Kegiatan Tersebut berlangsung selama 4 hari dengan setiap harinya di mulai pukul 08.00 wib sampai dengan 17.00 WIB. Modul yang di guanakan adalah modul Program Pengajaran Intel Getting Started.

Tema pelatihan meliputi:
• Meningkatkan dan mengembangkan lingkungan belajar di abad ke 21
• Membantu perkembangan pemikiran kritis dan kerjasama di dalam kelas
• Memudahkan kelas yang mengutamakan siswa dan mendorong pemikiran siswa ke tingkat yang lebih tinggi
• Membantu para guru memperoleh dan menerapkan keterampilan teknologi dasar untuk menciptakan dan meningkatkan produktifitas guru
• Mempergunakan teknologi secara efektif untuk menciptakan produk yang relevan dalam mata pelajaran dan tingkatan kelas
• Mengembangkan satu rencana tindakan kelas secara detil bagaimana guru-guru akan menerapkan keahlian dan pendekatan baru mereka demi peningkatan produktifitas dan profesionalisme dari waktu ke waktu

Modul 1: Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21

Fokus:
• Keterampilan abad ke-21 dan lingkungan kelas
Hasil:
• Mengidentifikasi keterampilan abad ke-21
• Memahami keterahan penciptaan lingkungan kelas abad ke-21
• Menemukan perbedaan-perbedaan antara cara pendekatan berpusat pada guru dan pendekatan berpusat pada siswa
• Mengikuti praktek yang profesional
Modul 2: Mempelajari Dasar Komputer dan Internet

Fokus:
• Dasar-dasar komputer dan internet
Hasil:
• Mempelajari dasar-dasar komponen komputer
• Menemukan pokok dari sistem operasi
• Mengembangkan keterampilan Navigasi Internet
• Mengikuti praktek yang profesional

Modul 3: Membantu perkembangan Pemikiran Kritis dan Bekerjasama

Fokus:
• Perkembangan pemikiran tingkat tinggi dan kerjasama antar siswa
Hasil:
• Memahami bagaimana caranya menanamkan tatanan pemikiran tingkat tinggi pada murid
• Mengembangkan keterampilan untuk meningkatkan dan memudahkan kerjasama
• Menjadi terbiasa dengan struktur dari masing-masing aktifitas—empat langkah berulang dari merencanakan (plan), melakukan/melaksanakan (do), melihat kembali (review), dan membagikan/menunjukkan (share)
• Mengikuti praktek yang professional

Modul 4: Penemuan Pengolah Kata

Fokus:
• Perangkat lunak pengolah kata
Hasil:
• Menemukan pengolahan kata dimulai dengan pengenalan teknologi, eksplorasi, dan pembahasan
• Melengkapi aktifitas pengolahan kata yang diperlukan: Lembar Penilaian
• Mengikuti praktek yang profesional

Modul 5: Aplikasi Pengolah Data
Fokus:
• Alat produktifitas pengolahan kata
Hasil:
• Mempraktekkan keterampilan pengolahan kata dengan memilih dan melengkapi paling sedikit satu aktivitas mata pelajaran pilihan yang relevan
• Berbagi pekerjaan dengan rekan sejawat, dan diskusikan berdasarkan praktek produktifitas yang professional
• Mengikuti praktek yang profesional

Modul 6: Penemuan Multimedia
Fokus:
• Perangkat lunak Multimedia
Hasil:
• Menemukan multimedia dimulai dengan pengenalan teknologi, eksplorasi, dan pembahasan
• Melengkapi aktifitas multimedia yang diperlukan: Pengamatan Pendahuluan Kurikulum
• Mengikuti praktek yang profesional

Modul 7: Mengaplikasi Multimedia
Fokus:
• Alat produktifitas Multimedia
Hasil:
• Mempraktekkan keterampilan multimedia anda dengan memilih dan melengkapi paling sedikit satu aktivitas mata pelajaran pilihan yang relevan
• Berbagi pekerjaan dengan rekan sejawat, dan diskusikan berdasarkan praktek produktifitas yang professional
• Mengikuti praktek yang profesional

Modul 8: Penemuan Spreadsheet (tabel lembar kerja)
Fokus:
• Peranti Lunak Spreadsheet (tabel lembar kerja)
Hasil:
• Menemukan spreadsheet dimulai dengan pengenalan teknologi, eksplorasi, dan pembahasan
• Melengkapi aktifitas spreadsheet yang diperlukan: Buku Nilai
• Mengikuti praktek yang profesional

Modul 9: Mengaplikasi Spreadsheet (tabel lembar kerja)
Fokus:
• Alat produktifitas Spreadsheet (tabel lembar kerja)
Hasil:
• Mempraktekkan keterampilan spreadsheet anda dengan memilih dan melengkapi paling sedikit satu aktivitas mata pelajaran pilihan yang relevan
• Berbagi pekerjaan dengan rekan sejawat, dan mendiskusikannya berdasarkan praktek produktifitas yang professional
• Mengikuti praktek yang profesional

Modul 10: Mengembangkan Pendekatan Abad ke-21
Fokus:
• Keterampilan memfasilitasi pembelajaran
Hasil:
• Mengembangkan strategi untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara, memberikan arah, mengamati dan memonitor, pertanyaan, mendorong, dan campur tangan
• Memahami proses dalam menerima perubahan
• Mengikuti praktek yang profesional

Modul 11: Merencanakan dan Melakukan Rencana Pembelajaran
Fokus:
• Penggunaan dan pengembangan rencana pembelajaran
Hasil:
• Memahami penggunaan dan komponen dari sebuah rencana pembelajaran
• Melihat contoh rencana pembelajaran
• Menentukan perubahan profesional yang anda inginkan dan mengembangkan sebuah rencana untuk menerapkan perubahan dari waktu ke waktu.
• Rencanakan rencana pembelajaran secara tertulis dan lakukan pada komputer

Modul 12: Menelaah dan Berbagi Rencana Pembelajaran

Fokus:
• Peningkatan rencana pembelajaran dan berbagi
Hasil:
• Meninjau dan membuat perubahan pada rencana pembelajaran
• Berbagi rencana pembelajaran dan menerima umpan balik bersifat membangun
• Menyimpulkan pelatihan

Tidak ada komentar: